- untuk memuntaskan materi belajarnya, siswa belajar dalam kelompok secara bekerja sama
- kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah
- jika dalam kelas terdapat siswa-siswa yang heterogen ras, suku, budaya, dan jenis kelamin, maka diupayakan agar tiap kelompok terdapat keheterogenan tersebut.
- penghargaan lebih diutamakan pada kerja kelompok daripada perorangan.
- Hasil belajar akademik , yaitu untuk meningkatkan kinerja siswa dalm tugas-tugas akademik. Pembelajaran model ini dianggap unggul dalam membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit.
- Penerimaan terhadap keragaman, yaitu agar siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang.
- Pengembangan keterampilan social, yaitu untuk mengembangkan keterampilan social siswa diantaranya: berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau mengungkapkan ide, dan bekerja dalam kelompok.
Fase | Indikator | Aktivitas Guru |
1 | Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa | Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa |
2 | Menyajikan informasi | Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan |
3 | Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar | Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi efisien |
4 | Membimbing kelompok bekerja dan belajar | Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mengerjakan tugas |
5 | Evaluasi | Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya |
6 | Memberikan penghargaan | Guru mencari cara untuk menghargai upaya atau hasil belajar siswa baik individu maupun kelompok. |
Yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan model pembelajaran kooperatif di kelas, diantaranya:
- pilih pendekatan apa yang akan digunakan, misal STAD, Jigsaw, Investigasi Kelompok, dll.
- Pilih materi yang sesuai untuk model ini
- mempersiapkan kelompok yang heterogen
- menyiapkan LKS atau panduan belajar siswa
- merencanakan waktu, tempat duduk yang akan digunakan.
Pendekatan Unsur | STAD | Jigsaw | Kelompok Penyelidikan | Pendekatan Struktur |
Tujuan Kognitif | Informasi akademik sederhana | Informasi akademik sederhana | Informasi akademik tingkat tinggi dan keterampilan inkuiri | Informasi akademik sederhana |
Tujuan Sosial | Kerjasama dalam kelompok | Kerjasama dalam kelompok | Kerjasama dalam kelompok kompleks | Keterampilan kelompok dan sosial |
Struktur Kelompok | Kelompok heterogen dengan 4-5 orang | Kelompok heterogen dengan 5-6 orang dan menggunakan kelompok asal dan kelompok ahli | Kelompok homogen dengan 5-6 orang | Kelompok heterogen dengan 4-6 orang |
Pemilihan topik | Oleh guru | Oleh guru | Oleh siswa | Oleh guru |
Tugas utama | Menggunakan LKS dan saling membantu untuk menuntaskan materi | Mempelajari materi dalam kelompok ahli dan membantu kelompok asal mempelajari materi | menyelesaikan inkuiri kompleks | Mengerjakan tugas yang diberikan baik social maupun kognitif |
Penilaian | Tes mingguan, jenis tes biasanya berupa kuis | Bervariasi, misal tes mingguan, jenis tes biasanya berupa kuis | Menyelesaikan proyek dan menulis laporan. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar